15 Aplikasi Belajar Online Gratis yang Banyak Digunakan Saat Ini

Aplikasi Belajar Online Gratis



Pada saat pencegahan virus corona, proses belajar mengajar di Sekolah ditiadakan. Dengan demikian, siswa diberi tugas oleh guru yang mengajar secara online. Tetapi diberinya tugas saja tentunya tidaklah efektif bagi siswa karena siswa juga membutuhkan materi dan penjelasan agar cepat memahaminya. Hal seperti ini terkadang membuat orang tua dan siswa merasa bingung, karena anaknya harus belajar kepada siapa, sementara pemerintah melarang beraktivitas diluar rumah karena virus corona.

Sekarang hal seperti itu tidak perlu dipermasalahkan lagi, karena sudah banyak aplikasi untuk belajar secara online baik gratis maupun berbayar.

Berikut 10 aplikasi belajar online gratis dan terbaik.

1. Ruang Guru



Aplikasi Belajar Online Nomor Satu diDunia


Aplikasi ruang guru telah membuka program belajar secara gratis secak hari senin, 16 maret 2020. Semua pembelajaran online dalam guru bisa diakses dengan program kelas dan materi apa saja, dengan kurikulum nasional, yaitu K 13 dan KTSP yang dibantu oleh guru-guru handal didalam ruang guru.

Program ini bisa dimanfaatkan oleh siapa saja, baik yang sudah berlangganan maupun belum. Selain sekolah online, didalam ruang guru anda juga bisa menjawab soal yang ada pada bank soal atau try out secara gratis.

Aplikasi ini bisa diunduh melalui App Store maupun Play Store. Selain itu, aplikasi ruang guru telah bekerja sama dengan jaringan telkomsel, yakni telkomsel memberikan kuota sebesar 30 GB secara gratis untuk mengakses ruang guru selama 30 hari.

2. Quipper


Quipper, Solusi Belajar Online Terbaik


Aplikasi belajar online kedua yaitu Quipper. Quipper adalah aplikasi sekolah digital tanpa biaya. Melalui aplikasi ini, guru dapat mengirim dan mengelola pembelajaran, memberi tugas, dan mengelola nilai siswa secara online, sedangkan siswa dapat menjawab soal pada tugas yang diberikan, serta dapat berkomunikasi dengan guru dan teman apabila da materi yang tidak dipahami. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis melalui aplikasi App Store maupun Play Store.

Dengan demikian, aplikasi ini sangat bagus untuk digunakan agar pembelajaran bisa berjalan dengan baik, sehingga siswa bisa mendapatkan materi dan penjelasan sebelum menjawab soal yang diberikan oleh guru.

3. Zenius


Aplikasi Belajar Online Terbaik Mencerdaskan Anak Bangsa


Aplaksi selanjutnya yaitu zenius, aplikasi yang menyediakan system pembelajaran secara online dalam rangga mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian. Bagi para pengguna aplikasi zenius, anda bisa mengakses puluhan ribu video materi pembelajaran baik tingkat SD, SMP, SMA dengan kurikulum 2013 atau KTSP. Aplikasi zenius bisa diunduh melalui aplikasi App Store maupun Play Store yang diberikan secara gratis.

4. Kelas Pintar


Kelas Pintar Aplikasi Belajar Online Gratis 2020


Aplikasi kelas pintar mempunyai program akses secara gratis untuk siswa dan guru yang berada diseluruh Indonesia. Aplikasi ini menyediakan beragam jenis materi pembelajaran untuk para siswa. Selain itu, pada aplikasi ini juga terdapat fitur yang bisa digunakan untuk berinteraksinya antara guru dan siswa, dimana para siswa diberikan kesempatan untuk bertanya kepada guru dengan waktu yang telah ditentukan. Maksut dari diberinya waktu ialah agar proses pembelajaran bisa berjalan dengan maksimal. Waktu yang ditentukan antar pukul 09.00-12.00 dan 18.00-21.00.

5. Rumah Belajar



Rumah Belajar Ceria Gratis Untuk Mencerdaskan Generasi Penerus


Aplikasi rumah belajar adalah aplikasi bimbel online yang dikembangkan oleh kemendikbud, yang bisa dijadikan sebagai alternative belajar online dirumah. Pada aplikasi ini, tersedia bahan untuk belajar mulai dari PAUD hingga SMA/SMK. Sayangnya bimbel yang satu ini kurang diketahui oleh siswa karena kurangnya promosi akan bimbel ini.

Padahal aplikasi ini mempunyai fitur yang cukup seperti Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Digital, Bank Soal, Buku Sekolah Elektronik, Peta Budaya, Karya Bahasa, dan Sastra. Semua fitur tersebut dapat dimanfaatkan oleh siswa, guru bahkan orang tua yang ingin membimbing anaknya secara gratis.

6. PrivatQ


Rasakan Kenikmatan Belajar  Menggunakan PrivatQ


Aplikasi selanjutnya PrivatQ, aplikasi yang memungkinkan para siswa mencari guru privat kapan dan dimana saja. Dengan menggunakan aplikasi ini, anda bisa mencari guru sesuai dengan kebutuhan atau mata pelajaran anda. Guru yang anda hubungi akan datang ke lokasi yang telah disepakati dalam waktu yang telah ditentukan untuk mendampingi kita belajar.

Guru PrivatQ merupakan guru yang telah terlatih dan berpengalaman sehingga anda tidak perlu ragu lagi untuk belajar dengan guru tersebut. dengan metode pembelajaran yang menyenangkan, guru PrivatQ siap membantu para siswa agar mereka bisa belajar lebih efektif.

7. LESGO


Cari Guru Les Terhebat di LesGO !!


Sesuai dengan namanya, LESGO merupakan aplikasi yang bisa digunakan oleh siapa saja untuk mencari guru pembimbing les mereka. Anda tidak perlu bingung lagi mencari guru les karena aplikasi ini sudah menyediakan guru les yang sudah terlatih dan terpelajar untuk membimbing dan mengajarkan anda.

8. Aku Pintar


Mau Pintar ? Belajar di Aplikasi Aku Pintar


Aplikasi Aku Pintar akan membantu anda memenuhi kebutuhan dalam belajar lebih dari sededar belajar online. Pada aplikasi ini juga ada untuk mencari fitur kampus atau universitas, jurusan, hingga membandingkan program study yang ada di seluruh Indonesia, serta aplikasi ini kan memudahkan anda untuk memilih kampus yang trbaik untuk anda.

Selain itu, anda juga bisa belajar melalui aplikasi ini menggunakan smartphone, karena pada aplikasi ini tersedia banyak video, latihan soal-soal serta pembahasannya dan soal lainnya.
Program pembelajaran pada aplikasi ini mulai dari SMP-SMA dengan kurikulum nasional oleh kementrian Pendidikan dan kebudayaan ( Kemendikbud ), serta terdapat informasi beasiswa untuk kuliah terbaru yang menanti anda.

9. Brainly


Aplikasi Belajar Online Terbagus Serta Mudah di Pahami


Aplikasi ini adalah aplikasi yang bisa anda gunakan untuk menjawab soal yang mungikn sulit untuk anda mengerti, karena aplikasi ini terbilang cukup terkenal dan sudah banyak media yang mempromosikannya, seperti pada google, apabila anda mencari tahu tentang soal yang tidak dimengerti, maka akan ada jawabannya yang dijawab melalui aplikasi Brainly. Pada aplikasi ini banyak orang pintar yang bisa membantu kita menyelesaikan masalah.

10. Bimbel SMARRT


Bimbel SMARRT, Aplikasi Belajar Online Kekinian


Aplikasi Bimbel SMARRT berisi video mengenai pelajaran matematika, fisika, dan kimia, serta soal dan pembahasannya juga ditampilkan dalam bentuk video. Guru Bimbel SMARRT, adalah guru yang sudah berpengalaman khusus untuk pelajaran diatas. Jadi apabila anda ingin mendalami tentang sains aplikasi yang benar untuk anda gunakan adalah Bimbel SMARRT.

11. Musik Theory


Aplikasi Belajar Musik yang Keren dan Cepat Mengerti


Aplikasi yang satu ini akan membuat anda mengenal tentang dunia music, mulai dari nama alat music hingga cara memainkannya. Sedangkan music yang digunakan yaitu interval, chords, rhythm and  meter, diatonic chords, neapolitan chords, serta masih banyak lagi music lainnya.
Pada aplikasi, anda bisa memilih music yang anda sukai, sehingga anda bisa mempelajarinya lebih dalam lagi.

12. Inibudi.org

Aplikasi ini memberikan materi pembelajaran dalam bentuk video, yang diberikan mulai dari jenjang perndidikan dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA). Semua orang yang menggunakan aplikasi ini bebas untuk mengakses semua video yang ada didalamnya secara gratis.

13. Kelas Kita


Download Kelas Kita Agar Pelajaran Mudah di Mengerti Semuanya


Pada aplikasi ini banyak materi pembelajaran yang menarik, sehingga tidak membosankan. Aplikasi ini juga terdapat beberapa fitur menarik dan user interface yang mudah untuk dimengerti. Apalagi anda sudah menyelesaikan tugas atau materi, anda akan diberikan sertifikasi digital.

14. Sibejoo


Download Sibejoo Segera Agar Kamu Semakin Pintar


Aplikasi ini merupakan buatan Indonesia, yang diberikan kepada pelajar yang mau menggunakannya, terkhususnya bagi pelajar sekolah menengah atas. Materi pembelajan yang terdapat didalamnya merupakan materi pembelajaran umum, seperti Bahasa Indonesia, Bahasa inggris, matematika, ilmu pengetahuan alam, serta ilmu pengetahuan social yang merupakan pelajaran penting untuk dikuasai.
Aplikasi Sibejoo memuat cara pembelajaran yang berbentuk materi hingga video, adapun bentuk soal yang terdapat didalamnya berupa try out dalam bentuk pilihan ganda, yang bertujuan agar pelajar cepat dalam mengingatnya.

15. Buku Sekolah Elektronik




Dizaman milenial seperti sekarang ini, sudah banyak media belajar tanpa harus menggunakan buku yang tebal dansusah untuk kita bawa kesana kemari salah satunya dengan menggunakan aplikasi Buku Sekolah Elektronik, aplikasi yang menyediakan buku dalam bentuk elektronik dan bisa kita akses kapan saja, selain itu aplikasi ini juga menyediakan berbagai macam jenis buku dengan materi yang bagus dan berbeda-beda.

itulah 15 aplikasi belajar online yang terbaik dan gratis, sehingga anda tidak perlu merasa bingung untuk belajar kemana lagi karena sudah ada aplikasi tersebut. anda cukup membuka dan nikmati materi pembelajaran yang ada didalamnya.

Belum ada Komentar untuk "15 Aplikasi Belajar Online Gratis yang Banyak Digunakan Saat Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel